UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU HONORER (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Katolik Aekoro)

Timbu, Afrida Rosalia (2023) UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU HONORER (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Katolik Aekoro). Diploma thesis, STIPAR ENDE.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 1 (1).pdf] Text
Bab 1 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (961kB)

Abstract

Timbu, Afrida Rosalia. 2023. “Disiplin Kerja Guru Honorer Di SDK Aekoro”. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik. Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa Ende.
Pembimbing : Remigius Missa, Lic
Kata kunci: Disiplin, Disiplin Kerja, Guru Honorer

Disiplin kerja menjadi suatu landasan bagi seeorang untuk bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan kepadanya. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini berusaha untuk meոdeskripsikaո tentang kondisi kedisiplinan kerja dan dampak dari guru hoոorer yang tidak disiplin serta meոgideոtifikasi usaha meningkatkan disiplin kerja guru honorer di SDK Aekoro. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi kedisiplinan para gru honorer di SDK Aekoro cukup baik, hal ini terlihat dari para guru honorer masih sering datang terlambat ke sekolah, ada yang melalui ijin tidak dating ke sekolah dan ada juga
yang tidak datang tanpa ijin sama sekali. Beberapa dari guru honorer yang tidak mempersiapkan bahar ajar, administrasi sekolah maupun kelasnya masingmasing, jarang mengikuti pertemuan yang diadakan. Beberapa tantangan yang
mempengaruhi disiplin kerja yang dihadapi adalah kesadaran diri para guru untuk selalu disiplin, minat dan motivasi, jarak tempat tinggal dengan sekolah, faktor
ekonomi dan keluarga, faktor motivasi yang kurang baik dari luar diri serta faktor gaji yang diterima. Dampak dari ketidakdisiplinan sangat bervariasi seperti,
proses belajar mengajar dikelas menjadi terganggu, produktivitas kerja guru menurun dan mempengaruhi kemajuan sekolah. Upaya yang dilakukan dapat berupa pengawasan, pembinaan, evaluasi dan advokasi peraturan kesejahteraan
guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > Pendidikan Keagamaan Katolik
Depositing User: Admin Vian Laka
Date Deposited: 13 Nov 2025 01:18
Last Modified: 13 Nov 2025 01:18
URI: http://repository.stipar-ende.ac.id/id/eprint/11

Actions (login required)

View Item
View Item